Metode membikin Mesin Penetas Telur sendiri gampang dan sederhana

Kiat membuat Mesin Penetas Telor sendiri sesungguhnya gampang saja, tergantung dari kreatifitas kita masing-masing. Bahan bakunya juga gampang ditemui. Permasalahan penampilan urusan belakangan, disini yang terutamanya yakni fungsinya.

Baiklah, kita mulai saja. Sediakan alat dan bahan sebagai berikut :

Alat :
– Gergaji
– Palu
– Alat ukur (meteran/penggaris)
– Thermometer
– Thermostat
– Baki untuk tempat air

Bahan :
– Triplek 3 mm ukuran 100 cm x 60cm
– Kayu reng ukuran 3 cm x 4 cm
– Kawat ram 1,5 meter
– Kaca 2 mm (34 cm x 12 cm)
– Paku 5 cm, paku triplek
– 8 buah bohlam 5 watt
– Engsel, kabel, dan Steker.

Pertama potong kayu reng dengan panjang masing-masing 60 cm = 8 buah, 100 cm = 4 buah untuk kerangka.

Jangan lupa pada sisi samping kotak di kasih ventilasi. Ada juga yang menempatkannya di atas kotak. Fungsinya sama, supaya terjadi pergantian udara supaya tak pengap di dalam.

Setelah selesai, tinggal perakitan instalasi listriknya. Aku rasa anda telah paham pada sesi ini.Rangkaikan dengan Thermostat yang berfungsi sebagai sakelar otomatis.
Pada tahap awal, ialah pengesetan suhu. Nyalakan lampu bohlam dan letakkan Thermometer di dalam Mesin Penetas Telor. Tutup pintu pada Mesin Tetas, perhatikan Thermometernya. Sesudah temperatur ruangan dalam Mesin Penetas Telur telah menempuh 100° F atau 38° C, buka pintu, kemudian putar ulir pada Thermostat sampai bagian atas Thermostat meraba tombol kecil yang akan mebuat lampu padam.

Lampu akan menyala kembali jikalau suhu di dalam mesin menurun, dan akan kembali padam ketika temperatur menempuh batas yang sudah kita tentukan tadi. Hal itu akan terjadi berulang-ulang secara otomatis.
Jangan lupa, masukkuan baki yang telah dikasih air dan letakkan di bawah rak telur. Kapasitas rak telor antara 330 – 350 butir telur burung Puyuh, atau 150 butir telor ayam.

Pada postingan berikutnya aku akan membahas tentang bagaimana Kiat menetaskan telur agar akhirnya bagus.

Semoga artikel Perihal Tips membikin mesin penetas telur sendiri gampang dan murah ini berkhasiat bagi anda.