Pertimbangan Temperatur dan Kelembapan dalam Cara Kerja Penetasan Telur

Menetaskan telor dengan mesin penetas telor ialah kesibukan yang menyenangkan. Ketelatenan, kesabaran serta kombinasi kesanggupan untuk memandang sangat di perlukan. Ilustrasi yang kurang tepat berdasarkan kami untuk peternak pemula adalah harapan terlalu tinggi mengenai prosesntasi hasil menetaskan dari mesin penetas telurnya. Meski mesin penetas perlu penyesuaian dengan pemiliknya.

Dalam hal ini mesin penetas telur perlu disesuaikan dengan temperatur dan kelembapan. Di tahapan inilah di perlukan pengalaman dan ketekunan. Sistem yang paling gampang memang dengan menitipkan telor di indukan ayam lain yang sedang mengeram. Namun hal ini terkendala dengan terbatasnya kapasitas telur ayam yang di erami oleh indukan ayam hal yang demikian.

Temperatur dan kelembaban berpengaruh terhadap hasil tetas telor ayam, tinggi rendahnya kekuatan tetas telor ayam bertumpu pada suhu atau temperatur dan kelembaban. Penetasan membutuhkan temperatur optimal untuk tumbuh agar embrionya dapat tumbuh dan berkembang. Pengontrolan temperatur pada Mesin Penetas Telur amat menolong dalam meningkatkan kekuatan tetas, semakin rendah temperatur kian rendah daya tetas, kian tinggi suhu daya tetas juga menurun.

Pada saat sebelum pemasukan telur, Mesin Tetas mesti di jaga suhunya supaya konsisten konstan pada temperatur optimum ( 37,8 ° C) dan kelembaban 65 %. Pada waktu penetasan temperatur dan kelembaban sudah stabil sehingga besar kemungkinan hasil tetasnya tinggi. Untuk itulah diperlukan termometer dan higrometer didalam Mesin Penetas Telur supaya mempermudah dalam pengecekan dan pengaturan.

PENGARUH SUHU TERHADAP DAYA TETAS TELUR AYAM
Temperatur (C) Prosentase Telur Fertil (%)
35,5 10
36,1 50
36,7 70
37,2 80
37,8 88
38,3 85
38,9 75
39,4 60

Dengan memakai tutorial tabel di atas anda dapat melihat dan mencocokan suhu serta kelembapan untuk mendapatkan hasil tetas yang maksimal. Memang dalam prakteknya bila Anda memakai mesin penetas posisi tempat kemudian ketinggian dari permukaan laut akan berpengaruh dalam seting temperatur maupun kelembapan.